Pada pameran CEATEC baru-baru ini di Jepang, TDK memamerkan prototipe cakram optik dengan kapasitas 1TB. Teknik ini dilakukan dengan membuat 16 lapisan perekaman pada medium, masing-masing dengan kapasitas 32GB. Sebagai perbandingan, disc Blu-ray memiliki kapasitas 25GB atau 50GB (dual layer) dan maksimum empat lapisan.

Disk ini memiliki transmittance cahaya yang sangat tinggi, dengan 95,1 persen untuk setiap lapisan dan 72,6 persen untuk seluruh disk. Bagian dari bahan yang digunakan untuk penciptaan dari disk baru ini sudah digunakan untuk media Blu-ray, sehingga daya tahan sudah terbukti, kata seorang wakil dari TDK.

Kecepatan membaca dari disk baru juga dikatakan identik dengan Blu-ray juga, sementara tingkat simbol kesalahan untuk membaca data yang keluar berkisar antara 1 x 10-5 untuk 1 x 10-4, atau cukup rendah untuk produksi komersial . Ketebalan adalah salah satu kekurangan yang perlu ditangani. Lapisan rekaman Blu-ray perlu 100μm atau kurang, sedangkan disk TDK adalah 260μm tebal, menyebabkan penyimpangan lensa optik.

TDK mengatakan membutuhkan dukungan dari pembuat disc lain sebelum dapat mengkomersialisasikan media disk terbaru ini, dengan aplikasi yang diharapkan untuk backup, digunakan dalam penyiaran maupun recording di rumah.

(sumber)

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: