Danau Laut Mati yang membujur di daerah antara Israel dan Yordania memiliki sejumlah keunikan yang patut diperhatikan. Danau Laut Mati merupakan tempat terendah di dunia dengan ketinggian 417,5 meter di bawah permukaan laut!

Laut Mati adalah salah satu perairan paling aneh didunia. Jutaan tahun yang lalu, Laut Mati sekitar 420 meter lebih tinggi daripada sekarang, dan jauh lebih tinggi daripada Laut Mediterrania. Pada waktu itu, ada kehidupan disana. Tapi kemudian masa kekeringan panjang terjadi, dan sangat banyak air menguap, sehingga perlahan-lahan laut itu menyusut menjadi seperti keadannya sekarang.

Salah satu hal yang paling mengagumkan tentang Laut Mati adalah jumlah garam yang dikandungnya. Air laut biasa mengandung sekitar 4 sampai 6 persen garam. Danau Laut Mati memiliki kadar keasinan air mencapai 33%. Maka tak heran banyak wisatawan dari seluruh dunia datang untuk mengapung di laut itu. Kalau kau mencicipi airnya, bukan saja asin, tapi dapat membuatmu mual karena ada klorida magnesium didalamnya. Airnya juga licin dan terasa berminyak karena ada klorida kalsium didalamnya.

Tidak ada kehidupan hewan di dalam Laut Mati. Sungai Yordan yang mengalir ke dalamnya, membawa ikan bersamanya. Tapi ikan itu akan mati, dan menjadi makanan burung laut.

Sekedar informasi, lumpur Danau Laut Mati sangat berkhasiat mengobati berbagai macam penyakit

Comments on: "Tentang Laut Mati" (1)

  1. gw yg gk bisa brenang juga bkalan gk tnggelam donk…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: