Jembatan Glienicke di Berlin jerman bisa dikatakan sebagai salah satu jembatan terhebat di dunia. Jembatan Glienicke dikenal hebat bukan karena struktur ataupun panjangnya tapi hebat akan nilai historisnya. Melalui jembatan ini selama puluhan tahun (1962 – 1986) agen-agen nomor wahid KGB dan CIA yang tertangkap saling dipertukarkan.

Salah satu yang paling dramatis adalah pertukaran pilot pesawat mata-mata Amerika Serikat Francis Gary Powers dan Agen rahasia KGB Vilyam Genrikovich (August) Fisher (aka abel Fisher). Sekembalinya ke AS, Gary Powers, dituduh sebagai pembelot dan agen ganda, ia juga dikecam karena tidak melindungi pesawat rahasia U-2 dengan menghancurkannya atau bunuh diri dengan racun yang dibekali oleh CIA dan akhirnya mati ketika helikopter yang dipilotinya jatuh di los Angeles. Sedangkan Abel Fischer sekembalinya ke Russia dibiarkan menderita infeksi sinus dan mati akibat kanker.

Jembatan Glienicke menjadi monumen indah perang dingin karena di jembatan tersebut agen-agen CIA dari Amerika Serikat saling berhadap-hadapan langsung dengan Agen-agen KGB Uni Soviet tanpa penyamaran.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: