• SANTA BARBARA (Serial TV)
    Drama seri di TVRI dulu, Lionel Lockridge nunjukin kerajinan Bali dan dia bilang sering bepergian ke Bali.”
  • SESAME STREET (Serial TV)
    Si Grover salah satu tokohnya pernah ngenalin soal indonesia, kalo gak salah Jawa Barat, tentang sekilas kehidupan salah satu bocah di Jawa Barat main layangan.”
  • SLEEPER CELL (2005-2007) (Serial TV)
    Serial TV ini bercerita tentang Darwyn Al-Sayeed, seorang muslim Afrika-Amerika yang bekerja sebagai agen FBI. Tugas Darwyn adalah mengusut kasus terorisme yang dilakukan organisasi teroris pimpinan Faris Al-Farik. Diceritakan, dalam episode Target dan Scholar,Darwyn berurusan dengan tokoh mahasiswa Indonesia bernama Eddy Pangetsu (Jeff Mallare). Eddy digambarkan sebagai ahli biologi kimia yang direkrut Faris Al-Farik untuk membuat virus anthrax yang disebar di Amerika. Menariknya, salah satu adegan menggambarkan Faris menuduh Eddy menyelundupkan virus tersebut ke Indonesia untuk dikirimkan ke pamannya, seorang gangster lokal. Oke, negara kita kini digambarkan cerdas, tapi gemar berperang. Ironisnya lagi, Sleeper Cell yang punya tagline “”Friends. Neighbours. Husbands. Terrorists”” ini ternyata cukup mendapat perhatian di negara asalnya. Buktinya,tahun lalu serial ini dinominasikan Emmy Awards untuk kategori Outstanding Miniseries, serta Golden Globe untuk Best Miniseries.Untungla h, Sleeper Cell tidak menang.Lebih untung lagi, Jeff Mallare si pemeran Eddy Pangetsu juga tidak masuk nominasi. Jadi dalam film ini, Indonesia digambarkan sebagai Sarang Teroris.”
  • SMALLVILLE (Serial TV, season 2)(2003)
    Film merupakan seri drama AS yang menampilkan watak Clark Kent (Superman) sewaktu zaman remajanya di pekan Smallville, Kansas. Pernah ditayangkan di SCTV. Dalam film ini pacarnya Lana, Whitney, kan mati di Aceh waktu ikut wajib militer di Marinir. Saat sedang berpatroli, kendaraan yang membawa Whitney dan peletonnya dibombardir, dihujani ledakan bertubi-tubi. Adegannya mirip kondisi perang di Irak. Anehnya Aceh digambarkan bagaikan gurun2 bebatuan dan disisi lain, digambarkan tentara Amerika yang bantu ngelawan GAM di Aceh, digambarinnya di rawa2, dtuliskan lokasinya di Aceh Indonesia.”
  • SNAKE ON THE PLAN
    Film itu lakonnya mau liburan di Bali. Dengan jeLas beberapa kali disebut salah satu tempat di Indonesia yakni Bali. Bahkan beberapa kali pantai Kuta dengan ombak surfingnya dishoot, ada dalam scene awal dan akhir-akhir film. Akhir film, Samuel L. Jackson sama si anak itu surfing di Bali.”
  • SPIDERMAN 2
    Dalam film ini ada adegan yang menampilkan topeng barong dari Bali di kamar Orsborne waktu dia mengira dimana keluarnya suara Green Goblin.”
  • STRANGER WITH CANDY
    Ini film garing yang kira-kira dialognya:
    Cewe: Where you’re from?
    Cowo: Jakarta, indonesia
    Cewe: What’s your name?
    Cowo: Megawati soekarnoputri
    Cewe: ?? (sambil ngeliat bingung ke cowo itu)
    Cowo: What? it’s a common name in indonesia
    Seperti itu nama cewe n nama belakangnya gak comon banget (hehehe)”
  • SWEETEST THING (2002)
    Dalam film drama psikologi ini, si cantik Cameron Diaz ternyata juga “”bermulut sampah”” saat mengeluh karena teman-temannya selalu saja membuat ulah dan mengacau. Dengan enteng dia berkomentar, “”Kalian ini bikin kacau saja seperti Indonesia””. Selain itu, waktu Christina Applegate masuk apartemen dan ngeliat apartemennya berantakan dipake ML gila2an oleh Selma Blair, Christina bilang gini “”this place is a mess like Indonesia””. Jadi, ruangan kayak kapal pecah itu disamakan kaya Indonesia.”
  • TALDEGA NIGHT: BALLAD OF RICKY BOBBY
    Another film kocak dari Will Ferell. Ada adegan suporter/anak2 nya neriakin musuh dengan kata-kata “”send that freak back to indonesia!””. Padahal si freak itu sendiri orang Prancis yang gay.”
  • THE AGENCY
    Film ini cerita fiktif tentang sepak terjang agen CIA dalam tugasnya, Namun meskipun fiktif, ceritanya dibuat serealistis mungkin sesuai kondisi lapangan.. Salah satu kisahnya adalah tentang upaya CIA menggagalkan kudeta serorang gubernur di Kalimantan (hahaha) karena bisa mengancam asset dan keselamatan orang Amerika di Indonesia. Ceritanya sih ngaco abis, karena walau bagaimanapun gak mungkin seorang gubernur bisa memobilisasi tentara, apa wewenangnya? Juga diceritakan agen CIA menyusup ke indonesia. Disana diceritakan salah seorang wartawan bernama Diah adalah agen CIA, dan beberapa orang Indonesia lain yang tak mencolok, seperti tukang roti, pengangguran (kelihatannya) ternyata adalah agen CIA..”
  • THE CONDEMNED (2007)
    Dalam fim yang dibintangi oleh Steve Austin ini bercerita tentang seorang produser TV yang membuat reality show tentang 10 orang yang dipaksa berkelahi. Kesepuluh orang tersebut adalah terpidana mati yang dibeli dari negara-negara dunia ketiga. Mereka akan ditempatkan di pulau terpencil, dan harus membunuh satu sama lain. Satu pemenang tersisa akan dibebaskan dari penjara dan terhindar dari eksekusi. Nah, dalam acaranya itu berada di lintang perairan Indonesia, karena banyak pulau-pulau kecil tidak berpenghuni.”
  • THE DIAMOND OF JERU
    Film yang ceritanya beberapa arkeolog ke Indonesia untuk nyari pulau yang isinya permata, aktor2 di film ini banyak banget ngomong Indonesia.”
  • THE ISLAND OF DR. MOREAU (1996)
    Film tentang obsesi seorang ilmuwan sinting untuk menggabungkan manusia dan hewan menjadi suatu spesies baru. Lokasi penelitiannya berada di suatu pulau terpencil di kawasan Indonesia Timur. Setting dan kisah film ini sebenarnya tidak perlu “”diambil hati””kalau saja yang membuatnya bukan sutradara kawakan John Frankenheimer. Untuk mempertegas posisi Indonesia-nya, bahkan kapalnya bernama “”Ombak Penari”” terus si awak kapalnya pas dah mau nyampe di pulau itu ada yang ngomong pake Bahasa Indonesia. Padahal nama kapal itu terbalik. Dalam versi novel yang ditulis H.G. Wells, kapal yang ada di film ini bernama Ipencacuanha. Di versi film, nama kapalnya berubah menjadi Ombak Penari yang diambil dari kata Wave Dancer. Padahal disesuaikan dengan grammar, seharusnya terjemahannya adalah Penari Ombak.”
  • THE KRAKATOA: THE LAST DAYS
    Secara lokasi krakatau di Indonesia. Terang aja Indonesia disebut terus dalam film ini.”
  • THE O.C. season 2
    Ceritanya si Summer jadi belajar buat ngedeketin keluarga cowonya. Trus cowonya ngomong “”saya gak peduli apakah kamu tau kalo Jakarta itu ibu kotanya Malaysia…”” trus si Summer ngomong “”Jakarta itu ibu kotanya Indonesia… “””
  • THE SAINT
    Dalam film ini waktu pemeran utamanya nerima e-mail dari laptop disitu ada tulisan Bali Indonesia dan Jakarta..”
  • THE SILENCE OF THE LAMBS
    Dalam film yang thriller psikologi yang dibintangi Jodie Foster ini ada adegan dimana di sweater orang yang diculik kanibal itu tertulis “”MADE IN INDONESIA””. Apakah image Indonesia sudah sebagai negara yang banyak penculikan atau karena kita produsen tekstil?”
  • THE UNIT (Season 1, Serial TV)
    Film seri tentang kesatuan unti anti teroris dalam salah satu episodenya settingnya di Medan. Tapi banyak banget bloopers-nya, Medan plat nomornya F, dan bukan F yang biasanya dan digambarinnya Medan kota yang kumuh banget. Pemberontaknya bisa fasih banget ngomong pake Bahasa Inggris. Ngomong pake Bahasa Indonesianya kayak anak bule baru belajar Bahasa Indonesia. Satu-satunya kalimat Indonesia yang fasih ketika mereka bicara dengan salah seorang operator mereka (kayaknya dia orang Indonesia tulen).”
  • THE YEAR OF LIVING DANGEROUSLY (1982)
    Film ini berkisah tentang seorang wartawan yang dikirim untuk bertugas di Jakarta pada tahun 1965-1966. Saat itu, Indonesia yang dipimpin oleh Presiden Soekarno sedang mengalami krisis politik dan ekonomi.Tak heran, situasi Jakarta digambarkan sangat kacau, lengkap dengan embel-embel penduduk yang merana karena kelaparan. Dimeriahkan oleh akting dari Mel Gibson dan Sigourney Weaver. Syutingnya sendiri dilaksanakan di Bangkok, karena tidak diijinkan pemerintah di Jakarta. (tanya kenapa?). Hehehe. Akibatnya meski ada beberapa dialog menggunakan Bahasa Indonesia, namun karena aktornya adalah orang bangkok, maka ucapannya terdengar aneh di telinga. Adegan yang paling terkenal sewaktu temennya Mel Gibson, Billy Kwan (ni artis cewek cuman di film ini main jadi cowok) ngegantungin spanduk di Hotel Indonesia (ceritanya) dengan tulisan SOEKARNO FEED YOUR PEOPLE. Saat Oscar 1982, film ini menang untuk artis terbaik Linda Hunt.Fim ini gak cuman nyebutin indonesia tapi tentang Indonesia. Jadi, dalam film ini, Indonesia digambarkan sebagai negara penuh konflik.”
  • TINTIN: FLIGHT-747
    Film ini setting di Bandara Kemayoran dan Lombok.”
  • TOUTE LA BEAUTE DU MONDE
    Film Perancis ini syutingnya di Perancis, Bali, Lombok dan Thailand. Musik latarnya pake lagu Anang dan Krisdayanti dan satu lagu Mayangsari.”
  • TRANSFORMERS (cartoon)
    Pernah ditayangkan di Antv ada episode Decepticon dengan Autobots-nya perang di sawah, gara2 Decepticonya nyerang yang lagi upacara adat “”Singa Depok””. Kayaknya decepticonya dah gak ada kerjaan. hehehe. Ada juga episode transformer ke Bali lawan koleganya decepticon namanya insecticon yang bentuknya serangga. Trus disangka petani Bali, mereka hama jenis baru, trus mereka ditolong transformer. Ada juga adegan, transformer ngejer decepticon, jalanannya macet karena lagi ada pawai upacara Bali yang pada bawa sesajen. Trus mereka motong jalan, caranya: ngebor gunung.”
  • TWIN PEAKS
    Serial di TVRI dulu banget, nyebutin kalo Burung Kakatua (ato Beo?) dari Selebes Indonesia bisa niru semua suara manusia secara perfect so bisa menguak suatu kasus pembunuhan karena si Beo melihat pembunuhan tersebut.”
  • VICTORIA
    Film inggris ini bintangnya Sam Neil. Setingnya Surabaya. Bener-bener bikin seting Surabaya dibikin jaman kuno. Mereka syuting di daerah Jawa Timur dan Kalimantan.”
  • VIPER (Serial TV)
    Film yang salah satu serinya pernah nyeritain duta besar Indonesia mau dibunuh pas tandatangan perjanjian perdamaian. Tapi yang memerankan duta besarnya aktor Mexico.”
  • WEDDING PLANNER
    Ceritanya si Jennifer Lopez jadi wedding planner yang nyusun perkimpoian salah satu pelanggannya honeymoon ke Bali.”
  • WEST WING(Serial TV)
    Sebuah serial tv yang bersetting gedung putih, dengan tokoh presiden Amerika fiktif President Bartlett (Martin Sheen) beserta stafnya. Salah satu episodenya menceritakan tentang kesibukan gedung putih dalam menerima kunjungan presiden Indonesia (tentu fiktif juga) namanya Siguto (mungkin maksudnya Sugito, hahaha). Dari awal film ini Indonesia terus dijelek-jelekkan, sehingga sempat bikin kesel waktu nonton (hehehe), masa ada kalimat begini yang diucapkan seorang staf gedung putih kepada seorang staf gedung putih lainnya: “”Hati-hati jangan bikin orang indonesia tersinggung, atau kepalamu akan dipenggal dan diarak keliling kota””. Staff yg memperingatkan itu bilang dia lihat di internet, trus staff yang satu lagi enggak percaya. Jadi untungnya yang nonton West Wing juga emang gak diarahkan untuk percaya kalo Indonesia seprimitif itu. Belum lagi informasi yang salah tentang Indonesia. Digambarkan juga bahwa orang Indonesia adalah bangsa yang bodoh dan tak bisa berbahasa Inggris. Trus, ceritanya presiden Indonesia datang (dan lagi-lagi berwajah Jepang) namun gerak-gerik dan tata bahasanya mengingatkan kita sama presiden Gus Dur (Hehehe, gak tau sengaja apa enggak). Si pemeran bapak dan ibu Siguto sebagai Pres RI ini cuman kebagian disorot dari belakang, yang penampilannya jadul abisss. Pak Presiden pake peci, istrinya pake kebaya dan dikonde hehehe. And mereka sipit bangetss, mungkin cari muka melayu susah, jadi sutradara menyamaratakan orang Asia gitu aja. Diceritain disini staff gedung putih kebingungan nyari translator karena mereka bilang Indonesia speaks in 300 different languages, dan dibilang kita gak punya bahasa nasional. Disini ngaconya! Tambahan lagi staff Indonesia itu ceritanya orang Batak, dan kacaunya lagi namanya: Rahmahidi Sumahijo Bambang (lucunya waktu tuh bule ngucapin nih nama), mana nama bataknya? Kayaknya gak pernah denger ada orang Batak namanya Rahmahidi Sumahijo, orang Jawa aja kayaknya ga ada. Ketika presiden sedang konferensi pers, para stafnya pun melakukan pertemuan informal dan mereka pusing nyari translator karena ada 1 orang yang bisa Bahasa Batak, dan dia orang Portugis, tapi tuh orang ga bisa Bahasa Inggris, jadi di film ini ceritanya mereka nyari 2 orang akhirnya buat translate Inggris-Portugis, Portugis-Batak. Mereka berusaha menjelaskan jika mereka akan membantu perekonomian Indonesia dengan syarat beberapa tahanan politik dibebaskan. Untungnya, ending film ini bagus. Ketika mereka bersusah payah berbicara Batak dan Portugis, tiba-tiba, staf indonesia yaitu si Bambang ini (yang ini mukanya emang melayu..ga tau apa indonesia beneran..) itu bicara bahasa Inggris dan memaki-maki para staf gedung putih “”Anda pikir kami bangsa yang bodoh? Anda pikir kami tak tahu anda anggap apa bangsa kami dan apa anda pikir kami tak bisa berbahasa Inggris? Kami mengerti semua perkataan anda bahkan arah pidato presiden anda kami sangat paham. Tapi kami bangsa yang berdaulat. Jangan mentang-mentang anda negara kuat seenaknya saja mengatur kebijakan dalam negri kami. Urus saja urusan dalam negeri anda. Dan satu hal, daripada kami mengikuti kemauan Anda, lebih baik kami tak usah dibantu sama sekali””. Bagus banget endingnya.”
  • xXx (baca: triple X)
    Di soundtracknya pas waktu habis terjun di ladang kokain ada kalimat tentang Indonesia, yang nyanyi itu `Fermin Iv’ judulnya 004 (cero cero cuatro): en el bar Fly pasa lo mismo, algo me lleva a una tienda de ropa de Indonesia, ?Bamboleo!. Kalau tidak salah, itu bahasa Spanyol yang artinya dalam bahasa Inggris kurang lebih seperti ini : in the bar Fly it happens the same, something takes me to a store of clothes of Indonesia.”
  • 24 (Serial TV)
    Dalam salah satu serinya ada salah satu penjahat yang kena tembak yang ingin melarikan diri ke Indonesia.”
  • 28 DAYS LATER
    Di film 28 Days later (bukan 28 weeks later loh..) ini di awal film, waktu para monyet di laboratorium disuguhi adegan kekerasan, salah satunya ada adegan dari kerusuhan Mei 98 di Indonesia.”
  • 3000 GRACE MILES
    Film yang dibintangi Kevin Costner ini pas lagi ledakin pom bensin pake puntung rokok Djarum Super Made in Indonesia.”
  • First Love of A Royal Prince (Serial Drama TV Korea)
    Syutingnya di Bali, pernah ditayangkan anteve dan JakTV”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: